Meningkatkan Keaktifan Belajar Anak dalam Kegiatan Temu Minggu Menerapkan Metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi)
Kata Kunci:
classroom action research, playing, storytelling, and singing method, children sunday meeting session, increase of children activeness and children activitiesAbstrak
Tulisan ini menggambarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) yang penulis laksanakan untuk mengetahui keaktifan dan aktivitas anak-anak misioner dalam mengikuti kegiatan temu minggu, dengan menerapkan metode BCM (Bermain, Cerita dan Menyanyi). Subjek penelitian adalah anak-anak misioner usia sekolah dasar yang berjumlah 20 orang. Penelitian dilakukan dalam 3 siklus tindakan dengan materi ajar: 1) Kehadiran Yesus Memberi Semangat Baru untuk Siklus Tindakan I; 2) Yesus Gembala yang Baik untuk Siklus Tindakan II; dan 3) Menjadi Murid Yesus untuk Siklus Tindakan III. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan anak-anak yang mengikuti kegiatan temu minggu mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari penurunan persentase jumlah anak-anak yang memperoleh skor keaktifan kategori: kurang aktif, dan kenaikan persentase jumlah anak-anak yang memperoleh skor keaktifan kategori: cukup aktif, aktif dan sangat aktif. Aktivitas anak-anak yang mengikuti kegiatan temu minggu tersebut juga mengalami peningkatan, dengan adanya peningkatan rata-rata skor per indikator aktivitas pada siklus tindakan II dan siklus tindakan III, dibanding dengan rata-rata skor mereka pada siklus tindakan I.
Referensi
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar, Jakarta: RINEKA CIPTA, 2013
Anderson, Mavis L, Pola Mengajar Sekolah Minggu, Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2003.
Asmani, Ma’mur, Jamal, Tips Membangun Komunitas Belajar di Sekolah, Kiat-Kiat Mengatasi Kebosanan dalam prose pembelajaran, Jogjakarta: DIVA Press, 2014
Djamarah Bahri Syaiful, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Fadillah, M, Pendidikan Usia Dini Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif Dan Menyenangkan, Jakarta: Kencana Pernadamedia, 2014.
Franke, Mathilde dan Sr.Caroline Nudu, Temu Minggu Pembinaan Iman Anak-Anak, Yogyakarta: Kanisius, 1992
Hardawiryana, R, Konsili Vatikan II, Jakarta: Obor, 1993
Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksana, 2005
Haryadi, Robin, Siap Menjadi Guru Sekolah Minggu dan Guru Bina Iman, Jakarta: Obor, 2013.
Jati Rahkito Rudi , Sebuah Apel 75 cerita bermakna yang membuat anda makin mengenal Yesus, Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusatama, 2006
K, N, Roestiyah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 1991.
Kurnandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembanan Profesi Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012
Machmudah, Umi dan Abdul Whab Rosyidi, Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN-Malang Press, 2008
Madya, Suwarsih, Panduan Penelitian Tindakan, Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIPYogyakarta, 1994.
Martinis, Yamin, Kiat Membelajarkan Siswa, Jakarta. Gaung Persada Press dan Center for Learning Innovation (CLI), 2007.
Paizaluddin dan Ermalinda, Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Alfabeta, 2014.
Paul, K, 200 Anakdot dan Kisah Inspiratif, Tangerang: Orbit Media, 2013
Prasetya,L, et al, Dasar-dasar Pendampingan Iman, Yogyakarta: Kanisius, 2008.
R, Moeslichatoen, Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Sanjaya, V Indra, et al, Dongeng Mendekatkan Kitab Suci pada Anak, Yogyakarta: Kansius,2008.
Sastra, Rozi, dan Arum Sukma Kinasih, Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini,Jakarta Barat: Permata Puri Media, 2015.
Semiawan, R, Conny, Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar, Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang, 2008
Sujiono, Nurani, Yuliani dan Bambang Sujiono, Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak, Jakarta: Indeks, 2010
Surakhmad, Winarno, Pengatar Interaksi Mengajar, Belajar Dasar Karakteristik Metodelogi Mengajarn, Bandung :Tarsito, 1990.
Suryobroto, Proses Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Thobroni, M dan Fairuzul Mumtaz, Mendongkrak Kecerdasan Anak melalui Bermai dan Pemainan, Jogjakarta: Katahati, 2011.
Tim Pustaka Familia, Warna-warni Kecerdasan Anak dan pendampingannya Anak Yogyakarta: Kansius, 2006
Yaumi, Muhammad dan Dr. Muljono Damopolii, Action Research, Jakarta: Kharisma Putra Utama, 2014
Yaumi, Muhammad, Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran, (Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri, 2013) Hal. 205 – 206.
Yusuf, L. N, Syamsu dan Nani M. Sugandhi, Perkembangan Peserta didik, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2013