Pola Partisipasi Siswa Katolik dalam Mengikuti Pelajaran Agama
Keywords:
Participation pattern, Catholic studentsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prasyarat dan faktor yang mempengaruhi partisipasi dan mengidentifikasi pola partisipasi kontributif dan partisipasi siswa Katolik SMP di paroki St. Lukas Temindung Samarinda dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pada pola partisipasi kontributif siswa akan bertanya jika ada beberapa kata dalam materi pelajaran yang tidak dipahami, menyampaikan pendapat terkait cara belajar dan hanya memberikan pendapat jika diminta oleh guru, berani memberikan disclaimer dan tetap bertanya atas bimbingan guru dan mengerjakan tugas jika diingat. Dalam pola partisipasi prakarsa mahasiswa katolik diminta untuk berdiskusi soal uts dan UAS,
References
Amon, L., Jela, K., Margareta, M., & Anggal, N. (2022). Online Learning during the COVID-19 Pandemic: An Experience of Catholic Religion Teacher. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 5(1), 2541–2549.
Anggal, N., Lorensius, L., Lugan, S., & Isang, N. (2022). Pendampingan Guru Agama Katolik Mengajar Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(01), 30–37. https://doi.org/10.53977/sjpkm.v1i01.557
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Donggo, W. J., & Anggal, N. (2019). Motivasi dan Bentuk-Bentuk Partisipasi Umat Katolik dalam Mewujudkan Bonum Commune. Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 50–62.
Hamu, F. J. (2015). Kompetensi guru agama Katolik. Jurnal Pastoral Kateketik, 1(1), 10–19.
Haru, E. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Katolik Sebagai Gembala. Jurnal Alternatif-Wacana Ilmiah Interkulutral, 10(1), 43–62.
Jela, K., Kerawing, O. Y., Pai, I., & Margaretta, M. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Asrama Bagi Mahasiswa Calon Guru. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1929–1937.
Konsili Vatikan II. (1965). Declaration on Christian Education Gravissimum Educationis Proclaimed by His Holiness Pope Paul VI on October 28, 1965. https://www.vatican.va/archive/hist_councils/ii_vatican_council/documents/vat-ii_decl_19651028_gravissimum-educationis_en.html
Miles, & Huberman, M. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage Publications.
Msonde, S. E. (2021). Revisiting the Idea of Learner-Centered Pedagogy: The Theoretical Perspective. Journal of Education, 00220574211031970. https://doi.org/10.1177/00220574211031970
Pratama, A. Y., Firmanto, A. D., & Aluwesia, N. W. (2021). Urgensitas Pembinaan Orang Muda Katolik terhadap Bahaya Krisis Identitas. VOCAT: Jurnal Pendidikan Katolik, 1(2).
Raharso, A. T. R. T. (2019). Reksa Pastoral Gereja Di Era Revolusi Industri 4.0 (Tinjauan Hukum Gereja). Seri Filsafat Teologi, 29(28), 332–355.
Wachen, J., Harrison, C., & Cohen-Vogel, L. (2018). Data Use as Instructional Reform: Exploring Educators’ Reports of Classroom Practice. Leadership and Policy in Schools, 17(2), 296–325. https://doi.org/10.1080/15700763.2016.1278244
Warman, W., Lorensius, L., & Rohana, R. (2021). Curriculum of Management in Improving the Quality of Catholic School Education in Samarinda City, East Kalimantan, Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(3), 3677–3688.
Yunarti, B. S. (2016). Katekis Sebagai Teladan Hidup Orang Muda Katolik. Jurnal Masalah Pastoral, 4(2), 13.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Maria Setiani Pradetari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.