Metode Naratif-Eksperiensial dan Metode Dialog Partisipatif dalam Pengajaran Agama Katolik

Authors

  • Fredrikus Jehaman STFT Widya Sasana Malang

Keywords:

Narrative-experiential, dialogue-participatory, Catholic religious teaching.

Abstract

Fokus penulis dalam makalah ini adalah menjelaskan metode naratif-eksperiensial dan metode dialog-partisipatif dalam pengajaran agama Katolik. Tujuan penulisan ini adalah untuk menemukan metode pengajaran yang tepat dalam pengajaran agama Katolik di sekolah menengah agar materi yang diberikan menyentuh permasalahan dan pergumulan hidup siswa. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah deskriptif analisis. Penulis akan menjelaskan apa itu metode naratif-eksperiensial dan metode dialog partisipatif dalam pengajaran agama Katolik dan kemudian bagaimana menerapkannya.

References

Bala, Kristo. (2018). Katekese Tentang Yesus Anak Allah Di Tengah Pusaran Heterodoxy: Peluang dan Tantangan Bagi Gereja Dewasa Ini. Dalam Robert Pius Manik, Adi Saptowidodo, Antonius Sad Budianto (eds), Pembaharuan Gereja Melalui Katekese, Seri Filsafat Teologi STFT Widya Sasana.

Sanda, Y., & Amon, L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Agama Katolik. Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 3(1), 37–48.

Marinus Telaumbanua. (1999). Ilmu Kateketik, Jakarta: Obor

Pareira, Berthold Anton. (2011) Mari Berteologi, Sebuah Pengantar Berteologi, Yogyakarta: Kanisius

Pareira, Berthold Anton. (2009). Peranan Kitab Suci dalam Liturgi, Yogyakarta: Kanisius

Utomo, Kurniawan Dwi Madyo. (2018). Identitas dan Spiritulaitas Pada Remaja. Dalam Robert Pius Manik, Adi Saptowidodo, Antonius Sad Budianto (eds), Pembaharuan Gereja Melalui Katekese, Seri Filsafat Teologi STFT Widya Sasana.

Downloads

Published

2022-06-09

How to Cite

Jehaman, F. (2022). Metode Naratif-Eksperiensial dan Metode Dialog Partisipatif dalam Pengajaran Agama Katolik. Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 6(1), 1-6. Retrieved from https://ojs.stkpkbi.ac.id/index.php/jgv/article/view/129

Issue

Section

Articles