Implementasi Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial Pada Kurikulum 2013

Authors

  • Agustina Pitriyani STKPK Bina Insan
  • Simon Devung STKPK Bina Insan
  • Nikolaus Anggal STKPK Bina Insan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penilaian sikap spiritual dan sikap sosial yang dilakukan oleh guru bidang studi Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti di SDN 014 Barong Tongkok Kampung Juaq Asa, yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, tindak lanjut, dan pengolahan implementasi penilaian sikap spiritual dan sikap sosial. Penelitian ini juga bertujuan untuk melihat pengaruh implementasi penilaian sikap spiritual dan sikap sosial terhadap sikap siswa-siswi yang mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti. Berdasarkan hasil penelitian, Guru Agama Katolik telah melaksanakan implementasi penilaian sikap spiritual dan sikap sosial meskipun masih ditemukan beberapa kekurangan pada teknik penilaian. Implementasi penilaian sikap spiritual dan sikap sosial tersebut juga memberikan pengaruh terhadap sikap siswa-siswi yang mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti.

References

Berangka, D. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik Di Sekolah Sebagai Bentuk Pembinaan Moralitas Siswa Di SMP YPPK Santo Mikael Kabupaten Merauke Dedimus Berangka 1. Jurnal Masalah Pastoral, V(1), 95–127.

https://ojs.stkyakobus.ac.id/index.php/JUMPA/article/download/39/44

Muzaini, M. (2014). Perkembangan Teknologi Dan Perilaku Menyimpang Dalam Masyarakat Modern. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1). https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2617

Ndao Ndiki, S., & Sidi, F. (2017). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Viii Smpn 7 Penajam Paser Utara Dengan Menggunakan Metode Naratif Eksperiensial Dalam Pelajaran Agama Katolik Pada Materi Gereja Sebagai Persekutuan. Jurnal Kateketik Pastoral 1(1), 43–52. www.ojs.stkpkbi.ac.id

Nur Bintari, P., & Darmawan, C. (2016). Peran Pemuda Sebagai Penerus Tradisi Sambatan Dalam Rangka Pembentukan Karakter Gotong Royong. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 57. https://doi.org/10.17509/jpis.v25i1.3670

Sakti, B. P. (2018). Indikator Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Magistra, 29(101). https://doi.org/10.31227/osf.io/pucw9

Sari, R. N. (2014). Implementasi Pembelajaran Dan Penilaian Sikap Spiritual Pada Kurikulum 2013 Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Studi Kasus di Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30518

Siswati, S., Utomo, C. B., & Muntholib, A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 1–13.

Sutjipto, S. (2016). Pentingnya Pelatihan Kurikulum 2013 Bagi Guru. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(2), 235.

https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i2.771

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar, Jakarta, 2018.

Downloads

Published

2020-12-21

How to Cite

Pitriyani, A. ., Devung, S., & Anggal, N. (2020). Implementasi Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial Pada Kurikulum 2013. Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 4(2), 56-67. Retrieved from https://ojs.stkpkbi.ac.id/index.php/jgv/article/view/65

Issue

Section

Articles