Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak dalam Mengikuti Kegiatan Temu Minggu Menggunakan Metode Bermain Peran

Authors

  • Margaretha STKPK Bina Insan
  • Nikolaus Anggal STKPK Bina Insan

Keywords:

role play method, children sunday meeting session, increase in interest, changes in performance and attitude

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peningkatan minat anak-anak usia sekolah dasar dalam mengikuti kegiatan temu minggu di Stasi Santo Matius, Paroki Santo Yosef Bontang. Jumlah Anak-Anak tersebut pada waktu pengadaan penelitian adalah 13 orang. Pendekatan kajian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode bermain peran yang dilakukan dalam 3 siklus kegiatan. minat anak-anak dilihat dari 4 indikator yakni: 1) perasaan senang; 2) ketertarikan; 3) Perhatian; dan 4) Keterlibatan. Di samping minat juga diperhatikan perubahan tingkah laku dan sikap anak-anak, dilihat dari 3 indikator pokok yakni: 1) keberanian untuk tampil; 2) kemampuan berkomunikasi; dan 3) kemampuan untuk mengungkapkan pendapat. hasil kajian ini menunjukkan bahwa penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan minat anak-anak mengikuti kegiatan temu minggu. Peningkatan minat ini disertai juga dengan perubahan tingkah laku dan sikap anak-anak peserta kegiatan temu minggu. oleh karena itu, kegiatan temu minggu bagi anak-anak di stasi perlu diadakan secara teratur dan rutin. Untuk maksud tersebut maka tenaga-tenaga pendamping untuk memberikan pembinaan kepada anak-anak temu minggu di stasi perlu menjadi perhatian serius dewan stasi.

References

Agus Sekati Susilo Atmajo, FIC dan Enik Mutiarsih, Memahami Psikologi Remaja, Yogyakarta : Yayasan Pustaka Nusatama, 2007.

Aunur Rahim., Bimbingan dan Konseling dalam Islam, Yogyakarta:UII Press, 2004.

Muhammad Yaumi dan Muljono Damonopoli Action Research Teori, Model, dan Aplikasi., Jakarta : Penerbit Kencana. 2014.

Oemar Hamalik. Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung : Sinar Baru Algensindo, 2014.

Hurlock, Elizabeth B. Psikologi Perkembangan, Jakarta: Penerbit Erlangga, 1980.

Hera Lestari Mikarsa, dkk. Pengantar Pendidikan., Jakarta : Universitas Terbuka, 2009.

Komisi Pendidikan KWI. Rencana Strategi Komisi Pendidikan KWI 2006-2009, Jakarta : Pusat: Komisi KWI, 2006.

Nasution,S, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta : PT. Bina Aksara, 1988.

Ngalim Purwanto., Psikologi Pendidikan, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2000.

Nur Hidayah, Panduan Penyusunan PTK, Jakarta : Penerbit Pretasi Belajar, 2013.

Paizaluddin dan Ermalinda, Penelitian Tindakan Kelas, Bandung : Penerbit Alfabeta, 2014.

Prasetya. L. Dasar-Dasar Pendampingan Iman Anak, Yogyakarta : Penerbit Kanisius, 2008.

Syamsu Yusuf. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Yogyakarta :Yayasan Pustaka Nusatama, 2003.

Tim Pustaka Familia. Warna-warni Kecerdasan Anak dan Pendampingnya, Yogyakarta : Penerbit Kanisius, 2006.

Published

2021-04-29

How to Cite

Margaretha, & Anggal, N. (2021). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak dalam Mengikuti Kegiatan Temu Minggu Menggunakan Metode Bermain Peran. Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 1(2), 106-113. Retrieved from https://ojs.stkpkbi.ac.id/index.php/jgv/article/view/51

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)