Strategi Guru Pendidikan Agama Katolik dalam Pembelajaran Berbasis Online pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Sisilia Santi Dey
  • Sisilia Usun
  • Teresia Leoni
  • Thomas Jiu
  • Tiodora Lun
  • Victoria Dewi Anggreani Song
  • Kornelius Juk Program Studi Pendidikan Keagamaan Katolik, STKPK Bina Insan Samarinda

Keywords:

Catholic Religious Education, Online Learning, COVID-19 Pandemic

Abstract

Penelitian ini melaporkan studi kualitatif pembelajaran agama Katolik berbasis online pada masa pandemi COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Kajian tentang pembelajaran online sebenarnya sudah banyak dilakukan, namun khususnya pada pembelajaran agama Katolik, tampaknya masih jarang. Perkembangan hasil penelitian ini diperoleh dari wawancara dengan guru agama Katolik tentang pola pembelajaran di sekolahnya. Pengumpulan data dilakukan melalui pendekatan kualitatif untuk memungkinkan pengumpulan data deskriptif yang substansial menjadi dasar perancangan kerangka konseptual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan pembelajaran dengan baik, dengan strategi mengintegrasikan pembelajaran dan dukungan yaitu sekolah, guru, dan orang tua. Guru menerapkan pengalaman belajar dan menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran agama Katolik bagi siswa selama masa pandemi COVID-19. Melalui integrasi ini, siswa dapat mencapai pengalaman moral dan spiritual Katolik yang esensial. Siswa memperoleh pengalaman positif dan bermakna tentang kehidupan keluarga, terutama melalui pengalaman belajar bersama orang tua atau walinya.

References

Amon, L., Putra, K. T. H., Prananda, G., Meilana, S. F., & Silitonga, M. (2021). Teori Landasan Pendidikan Sekolah Dasar (Vol. 1). Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Bartolo, P. A. (2010). The process of teacher education for inclusion: The Maltese experience. Journal of Research in Special Educational Needs, 10, 139–148.

Cornell, R. M., Johnson, C. B., & Schwartz Jr, W. C. (2013). Enhancing student experiential learning with structured interviews. Journal of Education for Business, 88(3), 136–146.

Foti, F., Menghini, D., Alfieri, P., Costanzo, F., Mandolesi, L., Petrosini, L., & Vicari, S. (2018). Learning by observation and learning by doing in Down and Williams syndromes. Developmental science, 21(5), e12642.

Hariprabowo, Y. (2019). Ecclesia In Asia Anugerah Bagi Misi Gereja Asia. Logos: Jurnal Filasafat dan Teologi, 3(1), 15–30.

Haru, E. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Katolik Sebagai Gembala. Jurnal Alternatif-Wacana Ilmiah Interkulutral, 10(1), 43–62.

Helton, W. S., & Helton, N. D. (2007). The intrinsic value of nature and moral education. Journal of Moral education, 36(2), 139–150.

Kalolo, J. F. (2019). Digital revolution and its impact on education systems in developing countries. Education and Information Technologies, 24(1), 345–358.

Katz-Buonincontro, J., & Anderson, R. C. (2018). How do we get from good to great? The need for better observation studies of creativity in education. Frontiers in psychology, 9, 2342.

Konsili Vatikan II. (1965). Gravissimum Educationis. https://www.vatican.va/archive/hist_councils/ii_vatican_council/documents/vat-ii_decl_19651028_gravissimum-educationis_en.html

Nampar, H. D. N. (2018). Keluarga Sebagai Tempat Pertama dan Utama Pendidikan Iman Anak. Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 2(1), 13–21.

Navarrete, J., Vásquez, A., Montero, E., & Cantero, D. (2020). Significant learning in catholic religious education: the case of Temuco (Chile). British Journal of Religious Education, 42(1), 90–102. https://doi.org/10.1080/01416200.2019.1628005

Silpanus, S. (2021). Possibilities and Opportunities for Undertaking the Liturgical Education of Children in The Archdiocese of Samarinda, East Kalimantan, Indonesia. Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 5(1), 13–25.

Swallow, M. J. C. (2017). The Influence of Technology on Teaching Practices at a Catholic School. Journal of Catholic Education, 20(2)

Widiyanti, S. A. (2012). Pengaruh Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Paradigma Pedagogi Reflektif dan Motivasi Belajar terhadap Kepribadian Siswa dalam Pendidikan Agama Katolik di SMP Katolik Se-Kota Madiun. UNS (Sebelas Maret University).

Yohanes Paulus II. (1981). Familiaris Consortio. https://www.vatican.va/content/john-paul-ii/en/apost_exhortations/documents/hf_jp-ii_exh_19811122_familiaris-consortio.html

Downloads

Published

2021-11-13

How to Cite

Santi Dey, S., Usun, S., Leoni, T., Jiu, T., Lun, T., Dewi Anggreani Song, V., & Juk, K. (2021). Strategi Guru Pendidikan Agama Katolik dalam Pembelajaran Berbasis Online pada Masa Pandemi Covid-19 . Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 5(2), 64-73. Retrieved from https://ojs.stkpkbi.ac.id/index.php/jgv/article/view/122

Issue

Section

Articles